Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Selasa, 14 Desember 2010

Tips agar ASI lancar dan banyak

Berita: Obat Tradisional
Tips agar ASI lancar dan banyakTips agar ASI lancar dan banyak. Agar ASI (Air Susu Ibu) tidak kekurangan untuk menyusui bayi selama 11 bulan, dianjurkan si ibu mandi keramas wuwung dan minum jamu gepyok.

Jamu tersebut terbuat dari kunyit, kunir kuning, temu lawak dipotong-potong, daun bluntas dan daun pepaya, semuanya dicuci bersih. Selanjutnya, seluruh bahan direbus dan tambahkan asam gula jawa. Minumlah air jamu gepyok ini 3 kali sehari. Jika airnya telah habis tambahkan dan rebus kembali.

- Kaum ibu yang sedang menyusui bayinya dianjurkan sering memakan sayuran hijau, seperti: kol, daun katu, bayam dan lain sebagainya. Juga memakan jagung yang telah disangrai hingga retak-retak. Maksudnya, untuk memperbanyak dan memperlancar air susu ibu. Ini akan membantu pertumbuhan si bayi.

- Untuk menghilangkan rasa amis pada air susu ibu, gunakanlah ramuan yang terdiri dari satu ons ketumbar yang disangrai hingga kering, lalu campurkan gula pasir. Selanjutnya, tumbuklah kedua bahan ini sampai halus. Setelah diayak, simpan dalam setoples seperti sagon. Makanlah tepung ketumbar ini 3 kali sehari sesendok makan.