Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Kamis, 26 Juli 2012

Wagub Tinjau Galodo di Lubuk Kilangan

Berita: Padang, Sumatera Barat
Wagub tinjau Galodo di Lubuk Kilangan

Padang, Faceminang.com - Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim menginstruksikan SKPD Sumbar terkait tragedi banjir bandang yang terjadi Selasa malam (24/7) segera melakukan pelurusan aliran sungai Lubuk Kilangan, Batang Kuranji serta perbaikan jembatan yang rusak akibat golodo, dan juga mensiagakan alat-alat berat di sekitar lokasi bencana banjir.

Hal tersebut disampaikan Wagub Sumbar, Muslim Kasim Rabu (25/7) di sela-sela pemantauan lokasi banjir di Jembatan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Wagub juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada apabila terjadi hujan lebat berturut- turut 2 sampai 3 jam. Karena daerah yang dilanda banjir besar Selasa malam tersebut juga berpotensi akan mendatangkan banjir susulan.

”Kita bersyukur masyarakat Kota Padang tidak ada yang menjadi korban dalam peristiwa banjir Selasa malam. Saya minta masyarakat sekitar banjir selalu waspada dan bersabar apabila tidak dilayani dengan baik oleh pemerintah,”ungkapnya.

Sementara itu Camat Lubuk Kilangan Andre Algamar mengungkapkan genangan air bercampur lumpur lebih kurang satu meter telah merendam rumah penduduk serta fasilitas umum seperti mesjid dan rumah sekolah di sekitar Lubuk Kilangan. Pihaknya bersama masyarakat Rabu (25/7) akan membersihkan fasilitas umum dari genangan lumpur, agar fasum tersebut dapat dipakai segera.

Andree juga menjelaskan tidak ada mendirikan tempat pengungsian untuk masyarakat Luki dan hanya mendirikan tenda-tenda untuk posko bantuan di sekitar Lubuk Kilangan, sebab masyarakat Luki telah mengungsi kerumah sanak saudaranya.

Pemprov Sumbar juga telah menyerahkan bantuan tahap awal lebih kurang 80 juta kepada masyarakat Lubuk Kilangan yang terdiri dari beras, mie instan, selimut, dan sarden yang diserahkan langsung kepada Camat Lubuk Kilangan Andree Algamar.


sumber: padang-today