Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 30 Juli 2012

PMI Berikan Air Bersih Untuk Korban Banjir Bandang

Berita: Padang, Sumatera Barat
PMI Berikan Air Bersih Untuk Korban Banjir Bandang

Padang, Faceminang.com - Setelah pasca bencana banjir bandang memasuki hari ke 8 Palang Merah Iindonesia (PMI) masih mendistribusikan bantuan kepada masyarakat di berbagai kecamatan di wilayah Kota Padang yang terkena musibah banjir bandang.

Berdasarkan data assessment yang telah dikumpulkan relawan di lapangan, kebutuhan yang mendesak yang sangat dibutuhkan oleh korban bencana banjir secara umum adalah family kit, air bersih, pakaian,selimut dan family tent.

Menyikapi hal tersebut PMI Provinsi Sumatera Barat bersama PMI Kota Padang sejak awal terjadi bencana hingga hari Minggu kemaren, telah mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana. Total bantuan Bantuan yang telah disalurkan berupa Family kit (94 paket), selimut (146 pcs) dan Pakian (22 koli) pamily tent (10 unit), bantuan PMI telah dididtribusikan di 3 Kecamatan yaitu, Kec. Ulu Gadut, Kec. Pauh, Kec. Lubuk Kilangan dan dan 7 Kelurahan yaitu, Kel. Limau Manis Selatan, Kel. Lambung Bukit, Kel. Padang Besi, Kel. Baringin, Kel. Bandar Buat, Kel. Koto Lalang, Kel. Indarung.

"Tanggap darurat bencana PMI masih kita lasanakan, karna sudah memasuki 1 minggu pasca bencana banjir bandang terjadi maka stuasi serta kondisi dilapangan juga masih belum normal dan PMI masih mendistribusikan bantuan dan air bersih," ungkap Hidayatul Irwan, Kepala Markas PMI Provinsi Sumbar dan di dampingi Antoni Staf Sub.div. PB/koord Posko.

Selain Bantuan family kit, pakaian,selimut dan family tent PMI juga mendistribusikan bantuan Air bersih kepada masyarakat. Karena PDAM Kota Padang kibat banjir bandang pada hari Selasa (23/7), sehingga PDAM Kota Padang mengalami kerusakan berat pada pipa induk akibat antaman banjir bandang tersebut, maka masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

Dengan melihat kondisi serta assessment dilapangan maka PMI Provinsi Sumatera Barat bersama PMI Kota padang langsung ikut membantu PDAM untuk mendistribusikan air bersih dibeberapa lokasi yaitu Kec. Pauh. Kel. Lambung Bukik telah mendistribusikan air sebanyak 5000 lt, Kec. Lubuk Kilangan, Kel. Indarung sebanyak 5000 lt air, Kec. Kuranji, Kel. Kuranji sebanyak 2500 lt air, berdasarkan data assessment oleh relawan PMI pada hari ini distribusi air bersih masih berjalan.

PMI Provinsi Sumbar dan PMI Kota Padang sampai saat sekarang masih merespon terhadap kebutuhan masyarakat yang bisa dibantu oleh PMI sesuai dengan kreteria tingkat keparahan terhadap rumah masyarakat yang terkena bencana, PMI akan mengutamankan bantuan yang akan diberikan terhadap masyarakat yang tingkat keparahannya sangat parah akibat bencana tersebut.


sumber: padang-today