Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 30 Januari 2012

RSUD Megah Rp73 M Sijunjung Diresmikan

Berita: Sumatera Barat
RSUD Megah Rp73 M Sijunjung Diresmikan

Sijunjung, Faceminang.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung, yang akan melayani 200 ribu masyarakat di kabupaten itu, hari ini (30/1) diresmikan. Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung (DKK), Edwin Suprayogi mengatakan, rumah sakit tergolong megah senilai Rp 73 miliar itu, pembangunan fisiknya sudah selesai dan siap ditempati setelah dikerjakan sejak tiga tahun silam.

Rumah sakit telah dilengkapi perangkat IT, AC, enumerator, dan pengelolaan limbah. Kehadirannya sudah ditunggu-tunggu masyarakat.

Pembangunan rumah sakit itu, dananya bersumber dari APBD Sijunjung. “Diharapkan kehadirannya akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan baik di Sijunjung, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Edwin yang ikut mengawasi pembangunan RSUD itu juga menjelaskan, sejak pascapemekaran daerah, Sijunjung tidak memiliki rumah sakit. “Karena itu pemkab, bupati dan DPRD Sijunjung mengupayakan pembangunan ini,” sebutnya. Dengan harapan, keberadaan RSUD akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Dengan begitu, untuk mendapatkan pelayanan maksimal, tidak harus ke daerah tetangga. Sedangkan untuk alat-alat kesehatan, kata Erwin, Pemkab telah menyiapkan dana sebesar Rp25 miliar untuk menunjang pelayanan. Selain itu telah disiapkan 109 bed atau tempat tidur pasien, yang terdiri dari 9 ruangan. Dari kelas III hingga VIP. “Lebih banyak kelas I, II dan III, karena ini rumah sakit daerah,” katanya.

Informasi yang di himpun Padang Ekspres, masyarakat sebelumnya hanya mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas-puskesmas sejak pemekaran daerah, dan hanya di layanai oleh dokter umum biasa, bidan dan perawat. Dengan adanya rumah sakit besar ini, masyarakat berharap akan mendapatkan layanan kesehatan lebih baik dan maksimal karena telah disiapkan dokter spesialis, di antaranya, ahli kandungan dan ahli bedah.


sumber : padang ekspres