Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 09 Januari 2012

Penjualan Telur Penyu di Pantai Padang Terbesar di Dunia

Berita: Sumatera Barat, Wisata Sumatera Barat
Penjualan Telur Penyu di Pantai Padang Terbesar di Dunia

Padang, Faceminang.com - Penjualan telur penyu secara terang-terangan terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat. Tiap hari, paling tidak ada 20 orang warga yang menjajakan telur penyu di sepanjang Pantai Padang.

Di Jalan Samudera Pantai Padang akan terlihat kios-kios yang menjajakan telur penyu, baik yang masih mentah mau pun yang sudah direbus. Harganya tujuh ribu rupiah per butirnya.

Rata-rata, setiap hari lebih dari dua ribu lima ratus butir telur penyu berhasil dipasarkan pedadang sepanjang Pantai Padang. Pembelinya selain warga Padang sendiri juga para wisatawan dari berbagai kota dan provinsi yang sengaja datang ke kawasan Pantai Padang untuk mengkonsumsi telur penyu.

Banyaknya minat orang terhadap telur penyu lebih karena adanya mitos bahwa telur penyu berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas. Wow!

Eksploitasi telur penyu ini telah berlangsung lama. Seorang peneliti dari Universitas Bung Hatta, Harfiandri Darmanhuri mengatakan, penjualan telur penyu di Pantai Padang sudah dilakukan warga sejak tahun 1942 hingga sekarang.

Menurut Harfiandri Darmanhuri, penjualan telur penyu di Pantai Padang merupakan yang terbesar di Indonesia, mungkin juga di dunia. Karena di tempat-tempat lain sudah dilarang, termasuk di Bali.

Peneliti ini berharap ada tindakan tegas dari pemerintah terhadap ekspolitasi telur penyu di Pantai Padang. Jika tidak bisa melarang sama sekali, mungkin secara bertahap dengan cara membatasi. "Jika tidak ada pelarangan dari pemerintah, saya khawatir penyu akan punah dari Sumatera Barat," kata Harfiandri Darmanhuri.

Harfiandri juga membantah khasiat vitalitas yang selalu menjadi daya tarik telur penyu. Justru mengkonsumsi telur penyu secara berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Ini karena telur penyu mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi, namun rendah protein.

Telur penyu yang dijajakan di Pantai Padang berasal dari beberapa pulau dan pantai di Pesisir Selatan dan Kota Padang. Cara mendapatkannya adalah dengan mengintai penyu bertelur. Setelah prosesi bertelur selesai, nelayan kemudian menggali lubang untuk menguras seluruh telur penyu.

Pemburuan telur penyu ini berlangsung hampir setiap malam, sehingga pasokan telur penyu di kios-kios di Pantai Padang hampir tidak pernah berkurang setiap harinya.


sumber : kliksumbar