Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Minggu, 17 Juli 2011

Kawasan Pasar Baru Pauh Membara

Berita: Sumatera Barat
Kawasan Pasar Baru Pauh MembaraPadang, Faceminang.com - Kawasan Pasar Baru Pauh Membara. Si jago merah kembali mengamuk di Kota Padang. Tadi malam (16/7), 12 ruko semi permanen, dua ruko permanen, dan empat rumah masyarakat habis dilalap api di Jalan Pasar Baru, Pauh, tepatnya samping Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh. Kendati tak sampai menyebabkan jatuhnya korban jiwa, namun kerugian akibat kebakaran ini ditaksir lebih Rp1 miliar.

Di antara ruko terbakar itu, yakni Rumah Makan One, Foto Copy Rini, usaha air galon, rumah kos-kosan di belakang deretan ruko, dan lainnya.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Padang Ekspres di lokasi kejadian, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.15 WIB. Tak urung kebakaran yang terjadi di kawasan kos-kosan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) ini membuat suasana menjadi gaduh. Jalanan macet, lampu di sekitar daerah Pasar Baru dimatikan.

Akibat banyaknya masyarakat menyaksikan peristiwa itu, membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api. Petugas pun akhirnya menutup jalan masuk ke lokasi.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang sendiri menurunkan 7 unit mobil pemadam kebakaran, dibantu mobil damkar dari PT Semen Padang 2 unit, Dinas Kehutanan 1 unit, dan 1 mobil resque. Ditambah 35 personel dari Dinas Pemadam Kebakaran, dibantu personel dari PMI, Tagana, dan masyarakat setempat.

Sekitar pukul 19.35 WIB, petugas berhasil mengendalikan amukan api. Namun, personel masih melakukan pendinginan guna mengantisipasi kemungkinan api membesar kembali sehingga merambat ke bangunan lainnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Budhi Erwanto menyampaikan, hingga saat ini belum ada korban jiwa akibat kejadian ini. Dia menduga, api berawal ketika seorang tukang jahit yang juga penjual bensin hendak mengisi bensin. “Tiba-tiba bensin tersebut terserak menimpa material pemicu kebakaran. Kita belum mengetahui apakah rokok atau lainnya,” katanya.

Ujang Unsu, 38, sang penjahit, kata Budhi, mengalami luka bakar 60 persen. Korban segera dilarikan ke RSUP M Djamil Padang untuk mendapatkan perawatan. “Kita kembali mengingatkan warga lebih berhati-hati terhadap segala sesuatu yang dapat menimbulkan kebakaran. Jangan main-main dengan api. Waspadai listrik, dan segala sesuatu yang bisa memicu kebakaran,” ujar mantan Kakan Sat Pol PP ini. padang ekspres