Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Rabu, 18 Mei 2011

Pengusaha Tambang Ditangkap Tim Razia

Berita: Sumatera Barat
Pengusaha Tambang Ditangkap Tim RaziaPasBar, Faceminang - Pengusaha Tambang Ditangkap Tim Razia. Gara-gara melangar Izin Usaha Pertambangan (IUP), seorang pengusaha tambang, Junaidi (40) ditangkap tim razia gabungan Pemkab Pasbar di Kawasan Sungai Batahan, Kecamatan Ranah, Pasbar Rabu (11/5) sekitar pukul 17.00 WIB kemarin.

Warga Jorong Kampung Baru Nagari Batahan ini, kedapatan sedang mengolah galian C menggunakan 1 unit alat berat pada lokasi yang tidak tertera dalam izin Galian C yang dimilikinya.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pasbar, Faizir Johan saat di konfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, pelaku ditangkap oleh tim razia gabungan yang beranggotakan pihak Polres Pasbar, Satpol PP, TNI dan Dinas Pertambangan dan Energi serta Diskoperindag dan UKM Pasbar.

Ditempat terpisah, Kapolres Pasbar, AKBP Sus Edy Tafif melalui Kasat Reskrim, AKP Bendoet Dwi Prasetyo mengatakan, saat ini pelaku telah diamankan di sel Mapolres Pasbar guna penyelidikan lebih lanjut.

Dia menjelaskan, tersangka telah melakukan eksploitasi galian C ilegal yang tidak tertera pada IUP yang dikeluarkan oleh instansi terkait.

Perbuatan tersangka melanggar pasal 158 Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara serta Pasal 50 Ayat (3) Huruf g UU RI Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan atau denda Rp10 milyar. padang-today.com