Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 14 Mei 2011

Dampak Tsunami Jepang Sangat Terasa

Berita: Sumatera Barat
Dampak Tsunami Jepang Sangat TerasaPariaman, Faceminang - Dampak Tsunami Jepang Sangat Terasa. Consulate General of Japan at Medan, Yuji Hamada merasa bahagia berkunjung ke Kota Pariaman dalam rangka mempererat tali silaturrahmi antara Jepang dengan pemko Pariaman.

Yuji Hamada yang diterima Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman beserta kepala SKPD, Camat, UPTD dan jajarannya, di pendopo Walikota Pariaman, Sabtu (14/5), lebih jauh menyatakan, bahwa ia masih terkesan 2 tahun lalu ketika terjadi bencana gempa di Kota Pariaman dan turut membantu pelayanan medis ketika dengan mendirikan Rumah Sakit Darurat di halaman Kantor Walikota Pariaman yang rusak.

Hamada memaparkan kejadian gempa dan tsunami yang terjadi di Negara Jepang, yang dampaknya sangat terasa kepada masyarakat dan pemerintah Jepang. Negaranya dihempas oleh gelombang tsunami setinggi 40 m, dan menyebar hingga 40 km dari bibir pantai, membuat sarana prasarana hancur.

Yang lebih sulit adalah kerusakan pada radio aktif, reaktor nuklir, ini memang sulit diatasi, yang mungkin hingga 9 bulan kedepan. Rekonstruksi sarana prasarana bisa hingga 3 tahun ke depan, dengan perkiraan biaya 25 Triliun Yen (250 triliun rupiah/300 miliar US Dolar).

Namun Jepang selalu ingin kerja sama dengan Indonesia, serta saling bantu.

Hamada juga sampaikan agar Kota Pariaman mau kerjasama kedepan, ia juga menyampaikan melihat hal yang kurang di Pariaman adalah tekhnologi, baik tentang pertanian, perikanan, perkoperasian dan lainya.

Hamada menyarankan jangan hanya kita terfokus kerjasama tentang penanggulangan bencana, tapi bisa juga kerjasama dibidang Tekhnologi seperti tekhnologi pertanian, tekhnologi perikanan, perkoperasian, kesehatan dan lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut Hamada ingin menjembatani program kerjasama ini kepada pemerintahan Jepang. sumbaronline.com