Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 16 Juli 2012

Petani Sumbar Tak Perlu Perjuangkan Hak

Berita: Sumatera Barat
Petani Sumbar Tak Perlu Perjuangkan Hak

Kab. 50 Kota, Faceminang.com - Petani Sumbar diharapkan tidak lagi perlu memperjuangkan hak dan keinginan untuk kesejahteraan, karena Pemprov sumbar telah menyalurkan berbagai program dan kegiatan untuk mensejahterakan 60 persen petani yang ada.

Tinggal bagaimana petani sendiri mau untuk bersungguh-sungguh dalam mensejahterakan kehidupannya walau tidak menutup mata bahwa kata sejahtera para petani masih belum memadai dan masih banya yang terbilang masyarakat miskin.

Hal tersebut disampaikan Irwan Prayitno Gubernur Sumbar dalam acara peringatan Hari Lahir ke 14 Serikat Petani Indonesia (SPI) di Jorong Sibaladuang Nagari Sungai Kamuyang Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu siang (15/7). Hadir dalam acara tersebut utusan Presiden RI bidang kemasyarakatan dan pengentasan kemiskinan, HS. Dilon, Ketua SPI Pusat, Utusan petani dari beberapa negara tetangga, Bupati Alis Marajo, Ketua SPI Sumbar, Ketua La Via Campesina, Kadis Pertanian Ir. Djoni, serta SKPD dilingkungan Pemkab Limapuluh Kota.

"Sangat diharapkan melalui program yang telah ada para petani akan lebih dapat bersemangat dan memiliki tekad serta kesungguhan dalam berbuat dan berkarya untuk kesejahteraan hidup kedepannya,"ujar Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar, Minggu (15/7).

Lebih lanjut Irwan, Saat ini pemprov Sumbar tengah mencanangkan program pemanfaatkan lahan-lahan kosong dan terlantar, tercatat sekitar 21.000 hektar yang akan diberdayakan, untuk tanaman bibit akan disediakan secara gratis untuk pengembangan usaha perkebunan Sumbar terutama bagi lahan yang kurang akan sumber air.

Sedangkan bagi lahan yang memiliki kebutuhan air yang cukup kita telah membuat program pembangunan Irigasi dan program cetak sawah baru untuk 2.000 hektar lahan. Untuk anggaran APBD program pertanian yang mana sebelumnya hanya diambil 2 persen, sejak tahun 2011 telah mengalami peningkatan sebesar 6 persen dari APBD yang ada dan ini merupakan jumlah yang terbesar dari pemprov sumbar.

Dengan begitu Pemprov sumbar siap bersama-sama dengan para petani yang ada untuk berusaha memajukan usaha bidang pertanian dan menuju masyarakat tani yang sejahtera, mandiri serta merdeka. Pemprov Sumbar pun optimis bidang pertanian Sumbar mampu mewujudkan TRISAKTI pertanian yaitu terpenuhinya lahan yang cukup, hasil yang berlimpah serta membawa kesejahteraan petani.


sumber: padang-today