Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 28 Juli 2012

Gempa Lubuksikaping 4,8 SR, Terasa di Pasbar

Berita: Pasbar, Sumatera Barat
Gempa Lubuksikaping 4,8 SR, Terasa di Pasbar

Pasbar, Faceminang.com - Gempa ber­­ke­kuatan 4,8 Skala Ricther (SR) menguncang Kabupaten Pasa­man, kemarin (27/7), seki­tar pukul 20.25. Guncangan gempa kedalaman 146 KM dari Lubuk­sikpang itu, juga dira­sakan sebagian warga Pasaman Barat.

”Gempa tektonik itu me­mang cukup dalam, dan bisa saja terjadi di daerah yang dekat dengan Lubuksikping-Pasa­man,” ­ka­ta Kepala Balai Meteo­rologi, Klimatologi, dan Geo­fisika Pa­dangpanjang, Taufik Gunawan.

Informasi dihimpun Pa­dang Ekspres di sejumlah da­e­rah di Pasbar, gempa itu tidak se­mua dirasakan warga Pasbar. Mi­salnya di Kecamatan Ta­lamau, Luhak Nanduo tidak dirasakan war­ga setempat. Menurut Sekre­ta­­ris Camat Talamau, Edwar me­nye­but­kan, ia tidak menge­tahui dan me­rasakan gempa itu di wila­yah­nya. ”Saya tidak tau ada gem­pa, tadi saat Shalat Tarawih tidak terasa. Dan warga setem­pat juga mengatakan tidak menge­tahui gempa tersebut,” kata Edwar.

Sementara itu, Kepala BPBD Pasbar, Asgiarman keti­ka dikon­firmasi Padang Eks­pres, belum menerima laporan terkait ada­nya gempa di Pasbar. Walau­pun demikian, pihaknya akan memastikan mencari in­for­masi tersebut. ”Tidak ada ada gempa di Talamau Pasbar,” kata As­giar­man melalui via selulernya, Sabtu malam tadi (27/7).

Begitu juga halnya staf BPBD Pasbar, Afrizal. Pi­hak­nya, telah mencari infor­masi bahwa di daerah Talu Keca­matan Talamau tidak ada gem­pa. Namun, pihak­nya masih melakukan penjeja­jakan infor­masi apakah gempat tersebut dirasakan oleh masya­rakat lainnya di Pasbar, terma­suk di daerah Kajai. ”Yang jelas di Talu, Talamau tidak ada gempa dirasakan masyarakat. Tapi di daerah Kajai, sulit meng­hu­bungi masyarakat, ka­re­na jari­ngan tidak bagus. Dan, saat ini kita masih mencari infor­ma­si,” ujar Afrizal.

Beda halnya bagi Yuysriah, 30, warga Perumnas Cubadak Kecamatan Pasaman, Pasbar, mengatakan guncangan gempa dirasakannya saat mende­ngar­kan ceramah di mushala dekat rumahnya. Gempa bumi itu dirasakannya cukup lama. ”Sa­ya tak tahu persis kejadiannya, namun yang jelas gempa itu terjadi sekitar pukul 20.00-21.00,” kata Yusriah.


sumber: padang ekspres