Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 14 Juli 2012

Filipina Sabet Emas Pertama di Padang Inter­nasio­nal Dragon Boat (PIDB) X 2012

Berita: Sumatera Barat
Filipina Sabet Emas Pertama di Padang Inter­nasio­nal Dragon Boat (PIDB) X 2012

Padang, Faceminang.com - Kontingen Fi­li­pina menyabet emas per­dana pada Padang Inter­nasio­nal Dragon Boat (PIDB) X 2012 di banjir kanal Kompleks GOR Agus Salim, Jumat (13/7). Satu emas yang disum­bang­kan Army (militer) Fili­pina itu di­raih lewat nomor 800 meter 12 pedayung putra antar­kesa­tuan dengan mem­bukukan ca­tatan waktu terbaik 03:36,39 detik.

Langkah tim asing itu di­iku­ti Marwiltim Surabaya ber­hasil meraih perak usai men­ca­tat 03:39,73 detik. Se­dang­kan peringkat ketiga ditempati Dol­phin Marinir Jakarta mem­bukukan 03:40,04 detik.

”Tahun ini ada dua tim an­tarkesatuan asing (Polis Diraja Malaysia dan Army Filipina) yang ikut di nomor 12 putra an­tarkesatuan. Tahun depan ka­mi harapkan lebih banyak lagi,” kata Technicall Delegate Per­­tandingan, Eri Barlian kepa­da Padang Ekspres, Jumat (13/7).

Meski khusus nomor 800 meter 12 pedayung putra telah selesai, namun agenda tahunan Kota Bingkuang tahun ini masih menyisakan sejumlah nomor lagi; 800 meter untuk 12 dan 22 pedayung putra/putra serta mix 22 pedayung putra/putri yang akan dipertandingan hingga tengah malam nanti.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangar­mabar) Lak­samana Mu­da TNI, Sa­diman saat pem­bukaan me­nye­butkan, su­­dah sepan­tasnya Pemko Pa­dang mendapat apre­siasi dari pe­merintah pusat. “Iven ini tidak ha­nya mening­kat­kan arus kun­jungan wi­sa­tawan man­canegara ke Sum­bar, na­mun juga ke In­done­sia. Ka­rena itu, kegiatan ini pan­­tas diapre­siasi pusat,” se­butnya.

Hal senada diungkapkan Syah­rial Bakhtiar yang mewakili Gu­bernur Sumbar, Irwan Prayit­no. Kepala Dinas Pemuda dan Olah­raga yang juga Ketum KONI Sumbar itu mengatakan, iven ini setidaknya bisa menjadi ajang pemanasan jelang PON XVIII di Riau, September mendatang bagi atlet provinsi lain yang ikut ambil bagian pada iven ini.

Wali Kota Padang, Fauzi Ba­har berharap, iven ini bisa di­lestarikan setiap tahunnya. Ka­rena ini bagian dari upaya un­tuk melestarikan kebudayaan Ko­ta Bing­kuang, di samping un­tuk menggairahkan roda per­eko­no­mian masyarakat Sum­bar, ter­utama pascagempa 2009.

“Saya berharap iven ini bisa terlaksana setiap tahunnya. Sehingga setiap wisatawan luar daerah yang berkunjung ke Sumbar, khususnya Kota Padang, bisa mengenal kebudayaan Ranah Minang lebih dekat lagi,” pintanya.


sumber: padang ekspres