Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013
Headlines

Top Stories

Jumat, 13 Juli 2012

Awal 2013, Penambangan Batu Kapur PT Semen Padang Dimulai

Berita: Ekonomi Bisnis
Awal 2013, Penambangan Batu Kapur PT Semen Padang Dimulai

Padang, Faceminang.com - Penam­ba­ngan batu kapur 412,03 hek­ta­re PT Semen Padang di Batu­ga­dang, Lubukkilangan dengan ca­­dangan batu kapur 389.328.225 ton, segera dimulai menyusul adanya kesepakatan dengan Lem­baga swadaya masyarakat (LSM) dan masyarakat Batu­gadang.

Hal itu terungkap saat si­dang komisi analisa mengenai dam­pak lingkungan (amdal) Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Padang di kantor Badan Peren­canaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Padang, Aiapacah, Kamis (12/7).

Ketua Tim Pendamping Am­dal PT SP Donny Avianto mengatakan, masyarakat setuju pembukaan lahan tambang sebesar 412,03 hektare. Syarat­nya, pengelola tambang mem­berikan jaminan kepada masyarakat terhadap dampak ling­kungan yang ditimbulkan akibat tambang tersebut.

“Andai kata dalam mekanis­me penambangannya nanti akan merusak lingkungan, ya harus di­jaga bagaimana nanti tidak me­rusak lingkungan,” kata Don­ny.

Staf pengamanan bahan baku dan energi PT SP tersebut juga berjanji akan memba­yar­kan sisa pinjam pakai yang ketiga pada Oktober mendatang 45 persen lagi dari total 12 miliar.

“Kami juga berjanji akan mengelola mineral ikutan nonlo­gam seperti basal yang selama ini tidak dikelola oleh masyarakat dan menjadikannya sebagai pendapatan asli daerah (PAD) Pemko Padang. Berapa yang akan diambil nantinya akan dibayarkan pajaknya. Penam­banga­n itu akan dimulai pada awal 2013,” ungkapnya.

Untuk dokumen amdalnya, kini sedang dikerjakan oleh Konsultan Lingkungan PT Alas Consultants. Bahkan sebelum­nya Dokumen Kerangka Acuan Andal (KA-Andal) juga telah disahkan Bapedalda Padang sesuai surat No 37/2012 tanggal 13 Juni 2012. Sekadar diketahui, Andal adalah telaah secara cer­mat dan mendalam tentang dampak penting suatu kegiatan yang direncanakan.

Begitu juga dokumen andal­nya yang juga sudah disidangkan oleh tim teknis penilai amdal Padang pada 4 dan 12 Juli lalu.

Kegiatan tersebut juga sudah ditunjukkan kepada masyarakat untuk memenuhi PerMenhut No P14/Menhut-II/2006 tentang Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan lindung.


sumber: padang ekspres