Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Jumat, 27 Januari 2012

Bupati Lepas Jenazah Ketua LKAAM Dharmasraya

Berita: Sumatera Barat
Bupati Lepas Jenazah Ketua LKAAM Dharmasraya

Dharmasraya, Faceminang.com - Setelah menjalani perawatan lebih kurang 17 hari, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) kabupaten Dharmasraya, Drs H Arlis Ade Dt Panghulu Sati akhirnya menghembuskan nafas terakhir di usia ke 61 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta.

Ketua LKAAM yang dikenal dekat dengan semua khalayak ini menghembus nafas terakhirnya, pada Kamis (26/1), pukul 02.00 Wib dini hari. Setelah sebelumnya juga pernah dirawat di RSUD Sungai Dareh dan RS M Djamil Padang. Jenazah Arlis Ade diterbangkan dari Jakarta menuju Padang pada pukul 08.00 Wib, dan dilanjutkan ke Dharmasraya. Acara penyambutan berjalan sangat khidmat.

Jenazah Arlis Ade dibawa terlebih dahulu ke rumah keluarga di Sungai Dareh, sebelum dilanjutkan ke ruang Auditorium Kabupaten Dharmasraya untuk upacara pelepasan jenazah pada pukul 14.00 Wib. Kedatangan jenazah disambut rasa haru oleh ratusan orang dari keluarga, rekan, dan seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya.

Kesedihan terlihat pada setiap wajah pelayat yang datang. Tak terkecuali dari wajah Bupati Dharmasraya, Ir H Adi Gunawan MM, Wabup H Syafruddin R, Plt Sekda Martoni, Ketua DPRD Rudi Hartono, dan Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M Sayuti Dt Rajo Panghulu. Kepergian Arlis Ade meninggalkan 1 orang istri, Misri Helen, dan 4 orang anak.

Upacara pelepasan jenazah mendiang Ketua LKAAM Kabupaten Dharmasraya ini dipimpin langsung oleh Bupati Dharmasraya, Ir H Adi Gunawan MM.

Wafatnya Ketua LKKAM, Arlis Ade tidak hanya membuat duka bagi para keluarga. Melainkan juga membuat duka bagi masyarakat, jajaran Pemerintahan, dan para rekannya.

Seorang pemimpin, Niniak Mamak, tokoh masyarakat Dharmasraya, kini telah berpulang menuju panggilan sang Khalik. Jabatan yang diembannya sebagai Ketua LKAAM yang memasuki 2 periode, sedikit banyaknya telah membawa perubahan bagi Kabupaten Dharmasraya. Karena itu tidak heran pada saat upacara pelepasan jenazah kemarin, ratusan orang berdatangan memadati ruangan untuk mengucapkan belasungkawa.

Dalam sambutannya, Bupati Dharmasraya atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan rasa duka cita yang sebesar-besarnya kepada keluarga yang ditinggalkan. Tidak hanya itu, Bupati juga mengenang kembali jasa dan bhakti mendiang Ketua LKAAM sebagai salah seorang tokoh masyarakat dan tokoh pemekaran Kabupaten Dharmasraya yang telah berbuat banyak untuk kemajuan dan perubahan Kabupaten Dharmasraya ke arah yang lebih baik.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan kekuatan dan ketabahan. Dan semoga, jenazah diberikan ketenangan dan tempat yang layak disisi-Nya," ujar Bupati.

Usai acara pelepasan, jenazah Arlis Ade pun dibawa ke kampung keluarganya di Jorong Banai Kanagarian Silago Kecamatan IX Koto untuk disemayamkan.


sumber : sumbaronline