Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 12 November 2011

Jumlah Jemaah Haji Wafat 212 Orang

Berita: Internasional
Jumlah Jemaah Haji Wafat 212 OrangMekkah, Faceminang.com - Jumlah jemaah calon dan haji Indonesia yang wafat hingga Sabtu (12/11/2011) pukul 16.18 waktu Arab Saudi (WAS) atau 20.18 WIB mencapai 212 orang. Rinciannya, 204 orang haji reguler dan delapan orang haji khusus.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama di Mekkah, Sabtu, menyebutkan, jemaah wafat terbanyak berasal dari embarkasi Surabaya 44 orang, disusul embarkasi Solo 38 orang, embarkasi Bekasi 29 orang, embarkasi Jakarta 23 orang, serta embarkasi Makassar 17 orang.

Penyakit yang diderita terbanyak sehingga jemaah wafat adalah peyakit sistem sirkulasi 152 orang, penyakit sistem pernafasan 43 orang, penyakit endokrin nutrisi dan metal enam orang, serta penyakit neoplasma, penyakit darah, organ pembuluh darah masing-masing empat orang.

Jika dilihat dari kelamin, maka jemaah yang wafat terbesar adalah pria mencapai 146 orang dan jemaah wanita 67 orang.

Lokasi wafat terbanyak di Mekkah 156 orang, di Madinah 26 orang, di Mina 21 orang, di Arafah lima orang, dalam perjalanan Indonesia ke Arab Saudi empat orang, dan di Jeddah satu orang.

Jemaah yang wafat terbesar berusia 60 tahun ke atas sebanyak 155 orang, usia 50-59 tahun (49 orang), usia 40-49 tahun (7 orang), dan usia di bawah 40 tahun (2 orang).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Slamet Riyanto, mengatakan jemaah wafat tahun ini memang banyak yang berusia 60 tahu ke atas, dan masuk dalam golongan resiko tinggi (eisti)

"Memang usia 60 tahun ke atas banyak yang wafat dalam pelaksanaan haji, karena memang faktor usia dan kelelahan," katanya.

Namun, katanya, Kementerian Agama, tidak berhak untuk melarang jemaah risti untuk tidak berangkat menunaikan ibadah haji, karena memang mereka berkehendak untuk tetap berangkat.

"Soal usia dan penyakit memang mereka tetap mau berangkat, walaupun soal penyakit memang sudah diketahui, bahkan mereka menginginkan wafat di Arab. Kita tidak bisa berbuat apa-apa karena itu hak mereka," ujar Slamet.

Soal wafatnya haji berusia lanjut, dia minta hal itu sebaiknya jangan dipersoalkan dan diperdebatkan. antara