Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Selasa, 10 Mei 2011

Derita Idris, Warga Miskin di Kelurahan Talang

Berita: Sumatera Barat
Derita Idris, Warga Miskin di Kelurahan TalangPayakumbuah, Faceminang - Derita Idris, Warga Miskin di Kelurahan Talang. Idris teringkat dengan peristiwa empat tahun lalu. Waktu itu, Idris bersama istri dan anak-anaknya bahagia, karena pemerintah kota membantu biaya rehab rumah mereka. Dengan bantuan itupula, Idris akhirnya memiliki rumah yang sedikit ‘tacelak’ dibandingkan rumah warga tak mampu lainnya.

Namun apa hendak dikata, kebahagiaan Idris menghuni rumah layak huni, ternyata hanya bertahan sampai Minggu (8/5). Setelah itu, rumah Idris sudah tidak ada lagi. Ludes di lahap si jago merah.

“Yo bana ibo bana hati awak pak. Indak ado rumah awak lai (Saya benar-benar sedih pak. Saya tidak punya rumah lagi),” kata Idris kepada Wawako Payakumbuh Syamsul Bahri yang datang melihat puing-puing sisa kebakaran di rumah Idris, Senin (9/5).

Idris menceritakan, sewaktu rumahnya terbakar, dia sebenarnya baru pulang berjualan lidi keliling kampung. Karena lelah, Idris memilih bermain ke rumah teman yang letaknya tidak jauh dari rumahnya.

Belum lama bermain di rumah teman, Idris tiba-tiba mendengar teriakan kebakaran. Seketika dia langsung mencari sumber teriakan tersebut. Alangkah kagetnya Idris, ketika mengatahui rumah yang terbakar, rumahnya sendiri.

“Mancaliak rumah lah tabaka, awak langsuang layua pak.Tabayang anak jo bini lah tabaka pulo. Alhamdulillah, Tuhan lai manolong (Melihat rumah sudah terbakar, saya langsung lemah pak. Terbayang anak-istri sudah terbakar pula. Alhamdulillah, tuhan masih memberi pertolongan)” ungkap Idris.

Kini, Idris yang menumpang tinggal di rumah orangtuanya hanya bisa berharap, Pemko dapat kembali memberi pertolongan buat keluarganya. “Kalau buliah mamintak, bantulah kami sakali lai, Pak. (Kalau bisa meminta, bantulah kami sekali lagi, Pak),” ucap Idrfis dengan naga bergetar.

Mendengar hal tersebut, Wawako Payakumbuh Syamsul Bahri yang datang bersama Plt Kadinsosnaker Adrian dan Camat Payakumbuh Barat Edividel Arda, berjanji akan membantu, biaya pembangunan kembali rumah buat Idris. Tapi, Syamsul Bahari juga mengajak warga setempat, untuk ikut sato sakaki memberi bantuan.

Selain itu, Syamsul juga menyerahkan bantuan tanggap darurat buat keluarga Idris. Selain pemko, salah seorang pengusaha di Pasar Ibuh, Haji Id juga membantu menjamin biaya hidup keluarga malang ini, beberapa hari ke depan. Siapa mau peduli? padangekspres.co.id