Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 11 Desember 2010

Pendiri WikiLeaks tertangkap malah muncul IndoLeaks

Berita: Tech and Sains
Pendiri WikiLeaks tertangkap malah muncul IndoLeaksPendiri WikiLeaks tertangkap malah muncul IndoLeaks. Setelah dilaporkan Julian Assange si pendiri WikiLeaks tertangkap Selasa kemarin, beredarlah Leaks-Leaks yang lain.

Jangan-jangan entar muncul AFF Leaks (wew, ga da hubungannya).

Konon, situs yang baru dibuat pada 7 Desember 2010 (tgl penangkapan WikiLeaks yang asli) itu, mengklaim telah memiliki ratusan koleksi dokumen. Namun, Indoleaks memilah dan menyeleksi dokumen yang pantas untuk diketahui publik.

Setelah para mantan pendiri awal WikiLeaks berencana untuk mendirikan OpenLeaks.org, situs pembocor lain yang lebih canggih dari WikiLeaks, serta seorang blogger Rusia mendirikan situs semacam WikiLeaks bernama Rospil.info, kini sebuah situs semacam WikiLeaks bernama IndoLeaks.org juga hadir.

"Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia," ujar IndoLeaks di rubrik 'Tentang Kami'.

Sebagai media yang mengusung kebebasan informasi, Indoleaks mengaku siap membeberkan semua dokumen yang dianggap memiliki kepentingan publik, misalnya beberapa penyelewengan dari instansi tertentu yang diduga sengaja disembunyikan dari publik.

Pengunjung juga dikatakan bisa berkontribusi dalam membeberkan informasi yang terbilang 'rahasia' lewat saluran ini. Hanya saja mereka memiliki beberapa ketentuan yakni:
  • Dokumen harus ORISINIL, tanpa ada opini pengirim di dalamnya.
  • Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah ANONIM.
  • Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang MEMILIKI kepentingan publik.
  • Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.
  • Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.
Pendiri WikiLeaks tertangkap malah muncul IndoLeaks

"Semua dokumen di Indoleaks, kami sajikan secara verbatim. Apa adanya. Dan, tentu saja, masih orisinil dari tangan pertama," pungkasnya.

Apa saja yang dibocorkan Indoleaks? Dan Leaks apalagi yang akan muncul?