Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Jumat, 22 Oktober 2010

Ngarai Sianok

Berita: Sumatera Barat
Ngarai SianokIngin menikmati pemandangan yang indah, datanglah ke Ngarai Sianok. Ngarai ini memiliki dua dinding bukit yang hampir tegak lurus setinggi sekitar 100 meter berdiri berhadapan sehingga membentuk semacam jurang.

Di dasar jurang yang luas ini terdapat areal persawahan dan sungai yang berliku-liku menghasilkan panorama yang mengesankan.

Pada pagi hari, pemandangan di Ngarai Sianok tampak lebih mengesankan, ketika kabut yang menyelimuti dinding bukit dan sungai serta sawah dibawahnya seolah hilang dari pandangan seiring munculnya matahari pagi.

Ngarai Sianok
adalah sebuah lembah curam yang terletak di jantung kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok dari selatan ngarai Koto Gadang sampai di ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah.

Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m. Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau - hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal) - yang dialiri Sungai Sianok yang airnya jernih. Di jaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget, lantaran banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai.