Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Minggu, 15 Juli 2012

Sejarawan: Foke Ibarat Daendels, Jokowi itu Walisongo

Berita: Nasional
Sejarawan: Foke Ibarat Daendels, Jokowi itu Walisongo

Jakarta, Faceminang.com - Sejarawan Betawi, JJ Rizal mengatakan, keangkuhan Fauzi Bowo (Foke) terhadap rakyatnya bisa diibaratkan sebagai perilaku Gubernur Jenderal Belanda, Daendels. Sementara sosok yang merakyat Joko Widodo alias Jokowi diibaratkan Walisongo.

"Sama seperti Walisongo yang tidak suka sama keangkuhan Daendels, dan Daendels sangat takut dengan Walisongo. Jokowi itu mewakili Walisongo memperingatkan keangkuhan Foke. Ia harus belajar, kalau kagak ya keok," ujar Rizal usai diskusi bertema "Grand Final Pemilukada DKI 2012" di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (14/7).

Rizal menilai, kekalahan Foke dalam putaran pertama Pemilukada DKI 2012 lantaran kurang mendapat posisi di hati warga Jakarta. Karena selama berkampanye, Foke tidak bisa mengambil hati warga Jakarta.

"Saya melihat sendiri, Foke kurang sekali untuk turun ke bawah, kurang total, memasuki masyarakat dan mengambil hatinya. Ini bagian yang menurut saya harus dimulai oleh Foke, kalau tidak keok dia," tandasnya. Selain itu, Rizal juga menilai bahwa masalah-masalah Partai Demokrat turut pula berkontribusi.

"Saya pikir mesin partai berpengaruh juga seperti dalam kekalahan Foke. Ini mungkin imbas dari kasus-kasus di Demokrat. Tapi, menurut saya, figur jauh lebih menentukan, besar pengaruhnya ketimbang partai," kata Rizal.


sumber: liputan6