Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 28 Juli 2012

Puluhan Korban Banjir Banda Gadang Terserang ISPA

Berita: Padang, Sumatera Barat
Puluhan Korban Banjir Banda Gadang Terserang ISPA

Padang, Faceminang.com - Pasca air bah melanda Padang, pada hari ketiga dan keempat warga mulai keluhkan berbagai penyakit yang menyerang mereka. Sekitar 167 orang warga telah datang ke pos pelayanan kesehatan di posko bencana Tabing Banda Gadang Nanggalo, Sabtu (28/7).

"Keluhan warga yang paling banyak adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Hal itu terindikasi dari gejala pegal-pegal yang dirasakan, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan dan beringus," terang dr Susi Eka Sari, dokter Puskesmas Lapai yang mengkoordinir tim kesehatan di Posko I, RT 3/RW I Tabing Banda Gadang kepada padangmedia.com.

Penyebab ISPA tersebut, menurut Ekasari, karena banyaknya debu berterbangan, cuaca yang berubah-ubah, serta daya tahan tubuh warga yang mulai menurun karena lelah dan sebagainya.

"Selain itu, banyak juga anak-anak yang mulai terserang gatal-gatal terkena kuman. Kondisi itu disebabkan karena anak-anak banyak bermain di lumpur, dan bagian tubuh mereka terkena air terus menerus,"jelasnya.

Dikatakan, sejauh ini dari Dinas Kesehatan Kota Padang juga telah menyediakan berbagai obat-obatan untuk antisipasi warga pengungsian yang terserang sakit. Bagi yang sakitnya memang perlu rujukan maka akan diberi rujukan RSUP M Djamil dan yang lainnya.

"Pos kesehatan ini akan berjaga juga selama 24 jam selma warga masih membutuhkan. Kami bekerja roling dengan dua shift,"ujarnya.


sumber: padangmedia