Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Minggu, 15 Juli 2012

7 Bulan Raih Dua Rekor Muri

Berita: Sumatera Barat
7 Bulan Raih Dua Rekor Muri

Padang, Faceminang.com - Penye­leng­ga­raan Festival Internasional Dragon Boat X 2012 di Banjir Kanal GOR H Agus Salim Pa­da­ng dari 12-15 Juli ini di­warnai penyerahan peng­har­ga­an dari Museum Rekor In­do­nesia (Muri). Pe­nghargaan re­kor Muri tersebut dida­pat­kan karena inilah pertama kalinya iven semacam ini di­lak­sanakan pada malam hari di Indonesia.

Penghargaan tersebut dise­rah­kan IBOR President MURI Paul Wienarto Paul Wiernarti kepada Walikota Padang Fauzi Ba­har yang diwakili Wakil Wa­likota Padang Mahyeldi An­sya­rulah, Sabtu malam (14/7).

Seusai menirma pen­g­har­gaan, Mahyeldi me­nyam­paia­kan pengahargaan ini buah dari kebersamaan dari ber­ba­gai lapisan masyarakat, pihak swasta dan instansi pe­me­rintah Kota Padang. “Mu­da­han-mudahan apa yang dito­re­ha­kan Kota Padang hari ini men­jadi modal bagi generasi mu­da masa depan, untuk ber­buat lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, ketua pe­lak­sana Festival Internasional Pe­rahu Naga 2012 Ali Basyar, me­ngatakan, sebenarnya pe­nye­lenggaraan iven semacam ini, tidak saja yang pertama kali di Indonesia. “Dari infor­ma­si yang saya dapatkan, ini me­rupakan yang pertama kali di dunia” sebutnya, sembari disambut tepuk tangan yang meriah dari para penonton.

Festival Perahu Naga In­ter­nasional tahun ini me­ru­pa­k­an penyelenggaraan yang ke 10 dalam rentang waktu 10 ta­hun tanpa terputus. Sepanjang itu, total sudah 1306 peserta yang mengikuti iven ini. Di mana untuk tahun ini, diikuti 11 tim luar negeri (terbanyak dari penyelenggaraan sebe­lum­nya), 19 tim dalam negeri, dan 15 tim dayung antar ke­sa­tuan.

“Pelaksanaan yang 10 ber­tu­rut-turut, total jumlah pe­serta, dan peserta asing ter­ba­nyak pada gelaran kali ini, merupakan poin-poin penting yang menjadi penilaian Muri sehingga Kota Padang men­da­pat penghargaan Muri, selain yang utamanya tentulah pe­nye­lenggaraan pada malam hari,” terang Ali Basyar.

Dengan demikian, peng­har­gaan ini merupakan peng­har­gaan rekor.Muri yang ke­dua yang didapatkan Kota Pa­dang dalam rentang waktu tujuh bulan terakhir. Se­be­lum­nya, 31 Desember lalu, Kota Padang mendapatkan pe­ng­har­gaan rekor Muri atas pe­nyelenggaraa Festival Ren­dang Padang 2011. Di mana, itulah festival Rendang Padang terbesar yang pernah diada­kan, dengan memasak 5200 kg daging.

Dengan telah didapat­kan­nya dua rekor Muri itu, Paul Wienarto kembali menantang pemerintah Kota Padang un­tuk membuat dan me­me­cah­kan rekor-rekor Muri lainnya. “Dengan kebersamaan antara warga Kota Padang, swasta, dan pemerintah Kota Padang yang telah ditunjukkan selama ini, saya yakin, ke depan Kota Padang akan mampu mem­buat dan memecahkan rekor-re­kor lain.


sumber: padang ekspres