Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Rabu, 07 Desember 2011

Serangan Bom Afghanistan di Hari Asyura, Korban Tewas 59 Orang

Berita: Internasional
Serangan Bom Afghanistan di Hari Asyura, Korban Tewas 59 Orang

Kabul, Faceminang.com - Dua buah serangan bom telah menewaskan sedikitnya 59 orang dan ratusan lainnya luka-luka di Afghanistan. Serangan ini terjadi bersamaan dengan peringatan hari besar Muslim Syiah, hari Asyura.

Dua kota yang menjadi sasaran serangan bom kali ini adalah ibukota Kabul dan kota di sebelah utara Mazar-i-Sharif.

Serangan ke kota Kabul ini merupakan serangan yang paling mematikan di era Presiden Hamid Karzai, dan ini merupakan kali pertama serangan terjadi pada saat perayaan hari besar keagamaan.

"Saya sedang berada di sana saat orang-orang sedang berkumpul, dan tiba-tiba terjadilah sebuah ledakan dahsyat. Beberapa orang di sekeliling saya jatuh, untung saya tidak apa-apa dan setelah itu saya mencoba untuk berlari," ujar salah satu saksi mata, Ahmad Fawad, seperti dikutip dari AFP, Rabu (7/11/2011).

Seluruh korban yang meninggal adalah umat Muslim Syiah. Mereka terbunuh saat sedang berjalan kaki menuju Masjid untuk melakukan ritual ratapan, sebuah ritual yang wajib dilakukan dalam hari raya Asyura.

"Semua yang meninggal adalah merupakan orang Syiah. Mereka semua sedang akan melakukan salah satu ritual dalam hari Asyura," ujar Juru Bicara Provinsi Kabul, Munir Ahmad Farhad.

Taliban menolak dikatakan sebaai pihak yang bertanggung jawab. Mereka malah menuding, pasukan asing yang beraada di Afghanistan sebagai dalang dibalik semua kerusuhan tersebut.

Sementara itu pihak NATO sendiri melalui komandan lapangannya, Jenderal John Allen menolak untuk menanggapi secara langsung. Namun ia menyatakan itu merupakan sebuah serangan yang sangat keji. "Ini merupakan sebuah serangan terhadap Islam sendiri," tegasnya.

Hari raya Asyura sendiri merupakan hari dimana Imam Hussein, yang juga merupakan cucu Nabi Muhammad SAW dibunuh di kota Karbala pada 680 M. Kematian ini yang menjadi awal mula munculnya gerakan Islam Syiah. detik