Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Minggu, 18 Desember 2011

Ruhut: Jika Video Mesuji dari Thailand, Saurip Harus Tanggung Jawab

Berita: Nasional
Ruhut: Jika Video Mesuji dari Thailand, Saurip Harus Tanggung Jawab

Jakarta, Faceminang.com - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang diketuai Wamenkum HAM Denny Indrayana, masih terus mencari kebenaran video pembantaian warga di Mesuji, Lampung. Jika benar ternyata video yang dimaksud itu berasal dari Thailand, Mayjen Purn Saurip Kadi, Ketua Tim Advokasi Warga Mesuji, harus mempertanggungjawabkannya.

"Jadi kalau benar video itu merupakan cuplikan-cuplikan kejadian di Thailand, malulah dia (Saurip) dan dia harus pertanggungjawabkan," ujar politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul di Rumah Makan Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2011).

Ruhut mengaku belum mengetahui detail permasalahan yang muncul di kawasan itu. Permasalahan yang diketahui, konflik ini disebabkan oleh perebutan lahan

Sebelumnya, seperti dikutip CBSNews.com, salah satu video kekerasan yang beredar tersebut diduga sebagai video palsu yang mengambil gambar kekerasan di Thailand Selatan. Dituliskan dalam tulisan itu, terdapat dua buah video. Namun dalam tulisan itu disebutkan salah satu video tersebut tidak terkait dengan kasus Mesuji.

Pada rekaman yang diduga diambil dari kelompok separatis Pattani di Thailand Selatan, digambarkan seorang pria bertopeng, memegang senapan laras panjang dan memakai penutup muka.

Atas kasus pembantaian itu, pemerintah Indonesia sudah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta. Wakil Menteri Kemenkum HAM Denny Indrayana bertindak sebagai ketua tim. Sedangkan wakilnya adalah Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim.

"Saya dapat info garis besarnya, ialah masalah perebutan lahan yang terkait dengan UU Pengadaan Tanah. Jadi janganlah ini dibawa ke masalah politik, ini masalah tanah," tandas Ruhut.


sumber : detik