Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 26 Desember 2011

Puluhan Warga Ketaping Tuntut Hak Tanah

Berita: Sumatera Barat
Puluhan Warga Ketaping Tuntut Hak Tanah

Padang, Faceminang.com - Puluhan masyarakat Ketaping melakukan aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Kabupaten Padang Pariaman menuntut hak ganti rugi tanah mereka sepanjang 100 hektare yang dipakai buat pembangunan Bandara Internasioanal Minangkabau (BIM).

Kedatangan mereka disambut oleh Sekda Padang Pariaman dan tujuh Fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Padang Pariaman untuk melakukan diskusi dan tukar pikiran di Gedung Rakyat tersebut.

"Kami menuntut hak tanah kami yang belum dibayarkan akibat pembangunan bandara udara di Ketaping ini, janji sertifkat tanah yang akan dikeluarkan belum juga sampai kepada kami" ucap Hasyim salah seorang warga Ketaping yang ikut serta berdiskusi di Gedung DPRD tersebut, Senin (26/12).

Dikatakanya, permasalahan yang pokok adalah, kemana hilangnya pegantian uang tanah warga yang terkena akibat pembangunan badara tersebut. Siapa yang menerimanya?. Siapa saja yang dapat ganti rugi tanah tersebut?.

"Hak kami mesti dikedepankan, sebab setelah 10 tahun kami dibiarkan seperti ini oleh para pemimpin di daerah ini, kalau seandainya hal ini tidak tuntas kami akan tetap melakukan aksi demo," tambah Syamsurizal salah seorang warga Ketaping yang ikut dalam aksi tersebut.

Sementara itu Sekda Padang Pariaman Mawardi Samah mengatakan, pihak Pemkab Padang Pariaman akan mencoba mencarikan solusi dalam masalah ini. Bila perlu arsif dan dokumen lama tentang masalah ini akan dicari dan dilihat kembali, sehingga masalah ini benar-benar bisa diselesaikan secara baik.

"Masalah ini tugas dan tanggungjawab pihak Pemkab dan Tim Sembilan, kita harus bisa cari solusi untuk menyelesaikan masalah ini, tidak ada yang tidak bisa dilakukan jika kita lakukan dengan hati yang tenang dan terbuka," sebut sekda Padang Pariaman Mawardi samah.

Disebutkanya, warga Ketaping yang melakukan aksi pada hari ini tetap bisa bersabar diri, sebab pada saat ini Pemkab Padang Pariaman beserta DPRD Padang Pariaman sedang membahas APBD 2012.

"Jika pembahasan APBD ini telah selesai, Insya Allah kita akan fokus dalam masalah ini," tutupnya.


sumber: padang-today