Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 12 Desember 2011

Mata Kita Jendela Kita

Berita: Lifestyle
Jendelakita - Jendelakita.net

Faceminang.com - Mata Kita Jendela Kita. Mata adalah salah satu organ penting. Kalau diibaratkan, mata itu "jendela kita" untuk melihat dunia. Mata bukan segala-galanya, tetapi tanpa mata segala-galanya tidak ada artinya. Bagaimana tidak, ketika mata terganggu maka bersiaplah untuk kehilangan keindahan seluruh dunia. Dengan mata yang sehat, banyak hal yang normal dan wajar dapat dinikmati.

Menjaga mata itu susah-susah gampang karena organ tersebut begitu rentan. Iritasi ringan saja bisa sangat mengganggu. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk dapat tetap mempertahankan eksistensi mata kita:

1. Bagi masyarakat perkotaan yang rentan akan debu jalanan dan asap kendaraan disarankan untuk memakai kaca mata (normal) ketika bepergian supaya dapat menghalau debu dan asap tersebut.

2. Usahakan mencuci bulu mata setiap mandi menggunakan shampoo bayi yang tidak pedih di mata. Supaya debu atau kotoran yang menempel di bulu mata tidak masuk ke mata.

3. Jangan mengucek mata ketika mata terasa gatal, cukup kompres dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

4. Bila mata terasa lelah akibat terlalu lama bekerja atau membaca, kompres dengan mentimun yang sudah didinginkan.

5. Bila terjadi gangguan serius seperti kelopak mata membengkak atau bola mata kemerahan dan berlendir, jangan sepelekan. Segera periksakan ke dokter.

Tips singkat semoga bermanfaat.