Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Kamis, 17 November 2011

Tersangka Penembak Gedung Putih Ditangkap

Berita: Internasional

CNN Oscar Ramiro Ortega-Hernandez, yang ditahan Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania, diduga telah terlibat dalam penembakan pada Jumat (11/11/2011) malam di jalanan di luar Gedung Putih.

Washington, Faceminang.com - Seorang pria Idaho yang dicari terkait insiden penembakan Gedung Putih ditangkap Rabu (16/11/2011) di Pennsylvania barat, demikian pengumuman polisi dan Dinas Rahasia (Secret Service) AS.

Oscar Ramiro Ortega-Hernandez, yang ditahan Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania, diduga telah terlibat dalam penembakan pada Jumat malam lalu di jalanan di luar Gedung Putih. Ia mungkin juga bertanggung jawab atas dua butir peluru yang ditemukan di gedung itu, kata Dinas Rahasia. Sebuah peluru telah menghantam jendela dan tertahan kaca antipeluru, dan peluru kedua ditemukan diluar di Gedung Putih, kata pihak Dinas Rahasia. Kedua peluru itu ditemukan Selasa di sisi selatan Gedung Putih.

Ortega-Hernandez dijadwalkan muncul di pengadilan federal di Pittsburgh pada pukul 14.00, Kamis waktu setempat, kata Departemen Kehakiman AS.

Letnan Brad Shields dari Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania, dalam sebuah konferensi pers, mengidentifikasi orang yang ditangkap itu sebagai Oscar Ortega-Hernandez (21 tahun), asal Idaho. Ortega-Hernandez, katanya, kini diinterogasi otoritas federal. Pria itu ditangkap berdasarkan surat perintah US Park Police yang diterbitkan hari Minggu di Washington "terkait penembakan yang terjadi di Gedung Putih pada tanggal 11 November," kata Shields.

Menurut Shields, penahanan terjadi Rabu. Ortega-Hernandez tinggal di sebuah hotel bersama orang lain selama beberapa hari sebelum insiden penembakan pada Jumat itu, kata Shields. Ketika Ortega-Hernandez kembali ke hotel pada Rabu, staf hotel mengenali dia dari foto yang diberikan petugas. Mereka lalu memberi tahu polisi. Ia di lobi hotel ditangkap tanpa perlawanan tetapi ia bertanya, mengapa dirinya ditahan? Tasnya diperiksa anjing pelacak, tetapi tidak ada senjata yang ditemukan.

Menurut Shields, tersangka rupanya kembali ke hotel untuk menemui "temannya". Shields mengatakan temannya bukan orang Pennsylvania. Namun Shields tidak merinci lebih lanjut tentang identitas teman Ortega-Hernandez itu atau keberadaannya.

Di Idaho Falls, Idaho, juru bicara polisi, Joelyn Hansen, mengatakan orang itu diidentifikasi di sana sebagai Oscar Ramiro Ortega. Ia dilaporkan hilang pada 31 Oktober. Hansen mengatakan, Ortega merupakan orang yang sama yang Dinas Rahasia sebut sebagai Oscar Ramiro Ortega-Hernandez.

Pada Jumat malam lalu sekitar pukul 21.00, US Park Police dan Dinas Rahasia melakukan penyelidikan setelah mendengar tembakan pada jarak sekitar 700 sampai 800 meter dari Gedung Putih. Dalam lima menit, para petugas menemukan sebuah kendaraan di blok 2300 Constitution Avenue.

"Bukti yang dalam kendaraan itu menuntun US Park Police untuk menerbitkan surat perintah penangkapan bagi Oscar Hernandez Ortega" yang digambarkan sebagai seorang pria Hispanik usia 21 tahun, dengan tinggi 5 kaki 11 inci dan berat 160 pounds, demikian pernyataan Dinas Rahasia.

Sebuah senjata yang terdaftar atas nama Ortega-Hernandez ditemukan di dalam mobil itu, kata petugas penegakan hukum yang dekat dengan penyelidikan itu.

Dinas Rahasia mewawancarai sejumlah orang yang tahu tentang Ortega-Hernandez. Mereka menyatakan, pria itu memiliki "minat terhadap presiden dan Gedung Putih", sebuah istilah yang tidak menunjukkan ancaman yang spesifik. kompas