Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Minggu, 20 November 2011

Soal "Charity Settingan", Ini Jawaban tvOne

Berita: Nasional
Soal Charity Settingan, Ini Jawaban tvOneJakarta, Faceminang.com - General Manager News and Sports tvOne, Totok Suryanto, menyatakan tvOne bukanlah penyelenggara acara penggalangan dana untuk amal (charity) yang dipermasalahkan Valencia Mieke Randa atau yang biasa disapa Silly, pendiri Blood for Life Indonesia.

"TvOne tidak ada kaitan sama sekali dengan penyelenggaraan kegiatan charity itu," ujar Totok, Minggu, 20 November 2011.

Dijelaskan dia, dalam acara itu tvOne sebatas datang untuk meliput acara, sebagaimana halnya media-media lain. Karena itu, pihaknya tidak mengetahui siapa yang diundang, siapa yang akan diberi bantuan, dan bagaimana dana bantuan disalurkan.

"Jika ada yang berkeberatan dengan acara charity itu sebaiknya bukan ditujukan ke tvOne, tapi ke panitia penyelenggara. Kami menegaskan tvOne tidak terlibat sama sekali dalam penyelenggaraan acara charity itu," tambahnya.

Kasus menghebohkan ini bermula dari tweet Silly, @justsilly, yang memprotes acara "Sosialite" yang ditayangkan tvOne pada Sabtu malam kemarin, 20 November 2011, dengan menyebarluaskan blognya yang berjudul "Charity Settingan". Di situ, Silly menyatakan berkeberatan dirinya ditampilkan dalam acara itu, yang menayangkan sejumlah sosialita yang tengah melakukan aksi sosial dengan melelang baju di acara fashion show.

Kepada VIVAnews, Silly menyampaikan dia tengah menggalang dana untuk Nando, pasien yang menderita penyakit ginjal parah. Dia diajak ikut serta oleh temannya, Fifie Buntaran, yang mengatakan akan mengadakan acara charity, termasuk untuk Nando. Dalam acara amal itu, Silly mengakui, beberapa media memang hadir meliput, bukan hanya tvOne.

Silly datang ke acara itu pukul 17.00 WIB saat acara hampir selesai. Dia lalu langsung menjelaskan kasus Nando yang sedang sakit berat dan membutuhkan uluran tangan. Namun, kata Silly, di akhir acara hasil lelang baju tak diberikan kepada Nando. "Ketika acara selesai, semua orang bubar begitu saja, dan tidak ada sedikitpun tanda-tanda ada transaksi," kata dia saat dihubungi VIVAnews, Minggu 20 November 2011.

Karena bingung, Silly lalu menanyakan kepada Fifie Buntaran bagaimana prosedur pemberian bantuan. Oleh Fifie, masih kata Silly, dia diberitahu jika ternyata acara itu "hanya settingan". Mendengar itu, dia lalu meminta tvOne untuk tidak menayangkan gambar dirinya dan foto Nando.

Terkait permintaan Silly itu, Totok menjelaskan pihak tvOne sudah memenuhinya dengan tidak mengekspos gambarnya secara close up. Namun, tvOne sulit menghindari jika masih ada gambar Silly muncul di tengah kerumunan hadirin. "Jika memang masih muncul, itu karena wide shot yang menampilkan beberapa narasumber yang hadir," kata Totok.

Saat menayangkan liputan ini, tvOne juga tidak pernah menyebutkan hasil dari acara amal itu akan disumbangkan untuk Nando.

Totok menjelaskan, tim tvOne datang meliput acara charity itu semata atas undangan Fifie Buntaran, yang merupakan pihak penyelenggara. Selain tvOne, acara itu juga diliput oleh stasiun televisi lain, media cetak, juga media lainnya. vivanews