Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 04 Juli 2011

Gunung Soputan Muntahkan Lahar Panas

Berita: Nasional
Gunung Soputan Muntahkan Lahar PanasSulut, Faceminang.com - Gunung Soputan Muntahkan Lahar Panas. Staf khusus Gubernur Sulawesi Utara, Jackson Kumaat membantah sejumlah kabar yang menyebutkan adanya korban jiwa dalam letusan Gunung Soputan.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) SH Sarundajang bersama Tim Penanggulangan Bencana Daerah sudah melakukan pengecekan dan tidak menemukan laporan korban jiwa.

"SMS yang beredar tentang adanya korban jiwa dalam letusan gunung Soputan sama sekali tidak benar dan isu menyesatkan," kata Jackson Kumaat kepada detikcom di Jakarta, Minggu (3/7/2011).

Menurut Jackson, hari ini Gubernur Sulut SH Sarundajang didampingi Kapolda Sulut Brigjen Pol Carlo Brix Tewu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bupati Mitra, jajaran kepolisian resort Minsel dan Mitra telah turun ke lapangan.

"Semua telah mengidentifikasi dampak bencana dan tidak menemukan korban jiwa, korban luka, dan korban mengungsi. Gubernur telah memerintahkan aparat pemerintah desa untuk segera melaporkan data-data kerugian material untuk disiapkan ganti rugi," jelasnya.

Sebelumnya, status Gunung Soputan mengalami perubahan dari waspada ke siaga sejak tanggal 2 Juli 2011 pukul 23.00 WITA. Minggu (3/7) pagi ini pukul 06.03 WITA, gunung terebut mulai masuk pada fase erupsi, berupa erupsi strombolian (semburan material pijar) setinggi 6.000 meter yang disertai awan panas yang mengarah ke sisi barat Gunung Soputan.

Tahun 2008 silam, awan panas guguran mencapai jarak 6,5 km dari puncak, hingga menyebabkan kebakaran hutan, namun tidak ada korban jiwa. detik