Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Rabu, 22 Juni 2011

Sandingkan Langkisau dan TdS

Berita: Sumatera Barat, Wisata Sumatera Barat
Sandingkan Langkisau dan TdSPainan, Faceminang.com - Sandingkan Langkisau dan TdS. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mendukung penuh dan akan berus berusaha membantu mengembangkan pariwisata Sumbar. Bila dikelola lebih baik lagi, sektor pariwisata akan mampu mengakselerasi kemajuan Sumbar.

”Sudah sangat tepat, tourism (pariwisata) menjadi sektor unggulan di Sumbar. Di samping dua T lainnya, trade (perdagangan), dan training (education/pendidikan),” kata Irman ketika menyampaikan sambutan sebelum membuka Festival Langkisau ke-IX 2011 di Carocok, Painan, Pesisir Selatan (Pessel), kemarin (22/6).

Sebagai bentuk dukungan dan bantuan, Irman berjanji terus melobi investor berinvestasi di sektor pariwisata Sumbar. Sejauh ini, kata sumando Pasisie, itu telah berbicara dengan beberapa investor membangun hotel di Pessel. ”Saya juga telah bicara dengan Pak Jero Wacik, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Kemenbudpar telah menempatkan Sumbar pada posisi kedua setelah Bali. Artinya, perhatian Kemenbudpar sangat besar ke Sumbar,” ujar Irman.

Irman juga berjanji membantu Pessel masuk dalam salah satu daerah yang ikut menyelenggarakan Tour de Singkarak (TdS) pada 2012 nanti. Ini penting bagi Pessel yang memiliki keindahan alam luar biasa. Pessel, lanjut Irman, mesti lebih kenalkan lagi melalui kegiatan-kegiatan iven internasional.

Tentang pengembangan pariwisata, ujar Irman, tak perlu sama dengan tempat lain. ”Tak perlu mencontoh Singapura yang mesti membangun tempat judi terbesar untuk meningkatkan kunjungan wisatanya. Kita sesuaikan saja dengan budaya dan adat istiadat kita. Kita punya segmen sendiri,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan Festival Langkisau harus dipertahankan dan ditingkatkan. ”Kita berharap masyarakat bisa mempertahankan seni, budaya, dan adat istiadat daerah lewat festival ini,” kata Irwan.

Sejalan dengan Irman, Irwan berjanji membantu Pessel masuk dalam salah satu daerah penyelenggara TdS. ”Sebetulnya, tim TdS sudah memantau. Namun ketika melewati Bungus, tim langsung kembali, karena jalannya jelek. Padahal itu bukan Pessel, Bungus itu masuk Padang,” kata Irwan bercanda.

Bupati Pessel Nasrul Abit bertekad menyandingkan Festival Langkisau dengan TdS pada 2012 mendatang. Untuk itu, Nasrul siap membenahi sarana dan prasarana pendukung. Tak hanya jalan, tapi juga hotel atau penginapan termasuk rest area.

”Jangka panjang, kami menargetkan perluasan kawasan Carocok melalui reklamasi pantai seluas 45 hektare. Sebab, kawasan ini potensial dan memiliki pengaruh besar meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama, kunjungan wisata yang mencapai 2.000 orang tiap minggunya,” terang Nasrul.

Nasrul Abit juga mengekpos pembangunan dan rencana pembangunan di Pessel. Di antaranya, menyiapkan pelabuhan penyangga Teluk Bayur. ”Saya membaca di Padang Ekspres belasan kapal tak bisa sandar. Nah, Pessel akan mengambil peluang ini,” ujar Nasrul yang juga memaparkan program pendidikan, dan pertanian, dan UMKM.

Festival Langkisau yang digelar setiap tahun sejak 2003 itu, dibuka Irman Gusman dengan melepas balon ke udara. Pembukaan Festival Langkisau dihadiri anggota DPD asal Sumbar Emma Yohanna, Alirman Sori, anggota DPR yang juga mantan Bupati Pessel, Darizal Basir, Bupati Tanahdatar Shadiq Pasadigoe, dan tokoh pers Sumbar yang juga Direktur Utama PT Padang Intermedia Pers (Badan Penerbit Padang Ekspres) Sutan Zaili Asril.

Ada pula tokoh Pessel Is Anwar Dt Rajo Perak, dan pengacara kondang asal Pessel Elza Syarief. Pada kesempatan itu, juga ditampilkan kekayaan seni, budaya, dan adat istiadat Pessel melalui pawai budaya dari nagari dan kecamatan di Pessel. Sekaligus juga ada eksibisi terbang layang di Puncak Bukit Langkisau.

Pada festival kali ini, akan diadakan lomba paralayang, lomba renang antarpulau, lomba selaju sampan, dan lomba mangaik ikan mungkuih, serta lomba fotografi. Selain itu juga ada bazar, atraksi seni budaya seperti randai, dan lainnya. Panitia menargetkan kunjungan wisata 60 orang per hari selama festival. Semua hotel dan penginapan di Painan kemarin penuh. padangekspres