Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Selasa, 12 April 2011

Nurdin Berpeluang Jadi Gubernur?

Berita: Nasional
Nurdin Berpeluang Jadi Gubernur?Makassar, Faceminang - Nurdin Berpeluang Jadi Gubernur? Partai Golongan Karya Sulawesi Selatan menganggap Ketua Umum PSSI Nurdin Halid juga berpeluang menjadi kandidat gubernur. Alasannya, hasil survei menunjukkan tingkat popularitas dan keterpilihan atau elektabilitasnya tinggi.

Wakil Ketua Partai Golkar Sulsel, Arfandi Idris, saat diskusi di Makassar, Senin (11/4/2011), mengatakan, Golkar memiliki sistem yang mengacu pada survei sehingga membuka peluang bagi siapapun untuk diusung, baik kader internal maupun eksternal.

Peluang itu juga terbuka bagi Nurdin Halid, apalagi dia menjabat koordinator wilayah Sulawesi. Dia menjelaskan, dalam menetapkan calon yang akan diusung Golkar Sulsel melakukan tiga kali survei.

Survei pertama untuk jaring kader internal maupun eksternal, survei kedua, mengambil nama figur yang masuk lima besar, sementara survei ketiga, menetapkan calon.

Dalam persaingan antar calon di hasil survei ketiga, jika perbedaan hasil survei di antara kandidat hanya lima persen, maka akan didiskusikan dengan pihak Dewan Pengurus Pusat (DPP) untuk penentuan.

Tapi jika perbedaan hasil mencapai 10 persen, figur dengan nilai tertinggilah yang langsung diusung. Namun berdasar hasil survei independen PT Jaringan Suara Indonesia beberapa waktu lalu, dari sekitar 20 nama yang disurvei, nama Nurdin Halid terpaut jauh di bawah nama Gubernur Syahrul Yasin Limpo.

Menurut koordinator Pemenangan Kawasan Timur Indonesia JSI, Irvan Jaya, popularitas Syahrul terutama didorong kepuasan publik atas kinerja pemerintahannya yang mencapai 75 persen dari jumlah responden.

Terlebih, ia mengklaim, kebijakan Syahrul berupa pendidikan dan kesehatan gratis dinilai berjalan efektif. Terbukti dari nilai kepuasan responden yang masing-masing mencapai 77,6 persen dan 78,9 persen. kompas.com