Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Jumat, 25 Maret 2011

Uni Emirat Arab Kirim 12 Pesawat Tempur

Berita: Internasional

Fasilitas Angkatan Laut Libya hancur akibat serangan udara koalisi di bagian timur Tripoli. Persenjataan anti-serangan udara Libya di beberapa bagian Tripoli mendapatkan serangan hebat pada Selasa (22/3) malam.

Washington, Faceminang - Uni Emirat Arab Kirim 12 Pesawat Tempur. Uni Emirat Arab (UAE) mengirim 12 pesawat tempur guna mendukung operasi zona larangan terbang internasional di Libya, kata seorang pejabat Amerika Serikat, Kamis (24/3/2011). "Kami sangat menghargai kontribusi mereka," kata pejabat yang tak bersedia disebut namanya itu kepada AFP.

Pejabat tersebut tidak mengonfirmasi laporan-laporan pers bahwa pesawat-pesawat tempur Uni Emirat itu terdiri dari enam F-16 dan enam Mirage. UEA adalah persekutuan tujuh emirat di Semenanjung Arab yang kaya berkat minyak bumi; Dubai, Abu Dhabi, Ajman, Ras al-Khaimah, Sharjah, Umm al-Qaiwain, dan Fujairah.

Seorang pejabat senior militer AS mengatakan, lebih dari 350 pesawat sekarang mengambil bagian dalam operasi koalisi terhadap Libya, separuh lebih sedikit dari jumlah itu adalah pesawat Amerika Serikat.

"Jujur, koalisi telah meningkatkan jumlah dan kamampuannya setiap hari," kata Laksamana Madya William Gorthney, Direktur Staf Gabungan. Ia menyatakan, "lebih dari 350 pesawat terlibat dalam kapasitas itu. Hanya sedikit lebih dari separuh milik AS."

Sementara itu, Pemerintah Libya menyatakan, korban sipil yang tewas akibat serangan udara pasukan Barat selama lima hari telah mencapai hampir 100 orang, dan Tripoli menuduh negara-negara Barat berperang untuk membantu pemberontak.

Mussa Ibrahim, juru bicara Pemerintah Libya, mengatakan, "Apa yang terjadi saat ini adalah negara-negara Barat berperang di pihak pemberontak. Ini tidak diizinkan oleh resolusi PBB." kompas.com