Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Sabtu, 14 Juli 2012

Bom Bunuh Diri Tewaskan Pejabat Afghanistan

Berita: Internasional
Bom Bunuh Diri Tewaskan Pejabat Afghanistan
Bom bunuh diri di Afghanistan (ilustrasi)

Samangan, Faceminang.com - Sebanyak 20 orang tewas dan 40 lainnya mengalami luka-luka. Pesta pernikahan yang penuh suka cita berakhir tragis di Afghanistan setelah seorang pelaku bom bunuh diri menjalankan aksinya. Dua puluh orang tewas termasuk seorang perwira militer dan beberapa pejabat lokal.

Laman The Guardian menulis Ahmad Khan Samangani, lelaki keturunan Uzbekistan, yang juga anggota parlemen Afghanistan dan menjadi tuan rumah dari acara itu, tewas dalam peristiwa itu. Hal ini ditengarai akan mengganggu upaya penyatuan berbagai faksi yang bertikai di negeri itu.

Ledakan yang terjadi di tengah pernikahan anak perempuan Ahmad Khan itu bertempat di Aybak, ibu kota Provinsi Samangan, Sabtu, 14 Juli 2012.

Kepala divisi kriminal kepolisian setempat, Ghulam Mohammad Khan, menyatakan seorang komandan militer Afghanistan turut menjadi korban bom yang diledakkan di muka pintu masuk balairung.

Selain korban tewas, 40 tamu lain dilaporkan mengalami luka-luka, termasuk Jenderal Sayed Ahmad Sameh, seorang kepala polisi Afghanistan.

Taliban menolak bertanggung jawab atas serangan itu.

"Ahmad Khan merupakan bekas komandan pasukan Mujahidin. Dia begitu berpengaruh dan banyak orang mungkin pernah tersangkut masalah dengannya," ujar seorang petinggi Taliban, Zabiullah Mujahid, seperti dinukil dari laman The Telegraph.


sumber: vivanews