Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Kamis, 26 Januari 2012

Terancam Banjir, Ribuan Warga Australia Dievakuasi

Berita: Internasional
Terancam Banjir, Ribuan Warga Australia Dievakuasi

Sydney, Faceminang.com - Ribuan orang dari lima kota di Negara Bagian New South Wales (NSW), Australia dievakuasi, setelah para pejabat setempat mengumumkan akan munculnya badai yang dapat memicu banjir dan tanah longsor di kawasan itu.

Pejabat NSW telah meminta agar 4.200 warga di daerah itu segera meninggalkan rumah mereka. Warga juga diingatkan untuk tidak menunda proses evakuasi.

"Jangan menunda proses evakuasi, jalanan di NSW mungkin akan tertutup dan Anda dapat terjebak," ujar otoritas NSW seperti dikutip AFP, Rabu, (25/1/2012).

Sebelumnya, badai menerjang Queensland dan menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor, rumah-rumah warga juga terendam banjir dan ratusan jalan ditutup.

Fenomena meningkatnya suhu permukaan air laut yang biasa disebut La Nina di Samudera Pasifik, ditengarai sebagai penyebab terjadinya badai yang disusul dengan banjir bandang di beberapa wilayah di Australia.

Pada 2011 lalu, banjir yang melanda wilayah Queensland menewaskan 35 warga dan menyebabkan puluhan ribu rumah tergenang oleh air.

Selain bencana banjir, Queensland juga sempat dilanda bencana Topan Yasi yang menyebabkan sebagian besar rumah-rumah, serta lahan pertanian di wilayah itu rusak parah.


sumber : AFP