Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Kamis, 26 Januari 2012

Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan kepada Ratu Belanda

Berita: Internasional
Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan kepada Ratu Belanda

Den Haag, Faceminang.com - Duta Besar RI Retno Lestari Priansari Marsudi menyerahkan letter of credentials (surat-surat kepercayaan) kepada Ratu Belanda Beatrix Wilhelmina Armgard di Istana Noordeinde, Den Haag, Rabu (25/1/2012) hari ini waktu setempat.

Penyerahan surat kepercayaan ini menandai dimulainya aktivitas penuh Dubes RI Luar Biasa Berkuasa Penuh Retno LP Marsudi di wilayah Kerajaan Belanda.

Dalam pembicaraan bilateral dengan Ratu Beatrix yang berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat, Dubes Retno menyampaikan salam dari Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono, yang disambut dengan penyampaian salam balasan oleh Ratu.

Dubes juga mengutarakan arti penting kedua negara di segala bidang, terutama dari sisi kerjasama ekonomi. Perdagangan bilateral kedua negara pertumbuhannya sangat signifikan, walaupun sedang berada di tengah-tengah krisis.

"Volume perdagangan RI-Belanda mendekati USD 5 miliar, tepatnya USD 4,6 miliar. Sebuah angka yang cukup mengejutkan, sebab sebelumnya dipredikasikan akan terjadi penurunan akibat pengaruh krisis, tetapi ternyata tidak," ujar Dubes kepada detikcom seusai seremoni.

Di samping itu, lanjut Dubes, Belanda juga menduduki posisi ketiga investor terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu diplomasi bidang ekonomi ini akan terus menjadi salah satu fokus perhatiannya selama tugas di Belanda.

Ratu Beatrix kepada Dubes mengharapkan agar hubungan bilateral kedua negara yang sudah sangat baik terus ditingkatkan. Ratu menyatakan keyakinannya bahwa Dubes dengan segala pengalaman diplomatiknya akan mampu membawa kedua negara ke tingkat hubungan yang istimewa.

Upacara penyerahan surat kepercayaan Dubes RI Retno LP Marsudi kepada Ratu Beatrix berlangsung menurut protokoler dan tradisi kerajaan. Sepasukan kereta berkuda, kavaleri kawal dan tim voorrijders dari Istana Noordeinde menjemput Dubes di Kedutaan Besar RI pada jalan Tobias Asserlaan 8, Den Haag.

Selanjutnya iring-iringan kereta berkuda tersebut bergerak menuju Istana Noordeinde, salah satu istana Dinasti Oranje, yang dipilih oleh Ratu Beatrix sebagai kantor resmi. Begitu Dubes menjejakkan kaki di halaman istana langsung disambut lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang dimainkan oleh pasukan Korps Musik Istana.

Seusai seremoni penyerahan surat-surat kepercayaan, iring-iringan kavaleri kembali mengantarkan Dubes ke gedung perwakilan RI. Di sana sudah menunggu beberapa Dubes negara sahabat, korps diplomatik, jajaran Kemlu Belanda dan para pemuka masyarakat dalam resepsi sederhana dengan sajian kuliner Nusantara.


sumber : detik