Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Kamis, 26 Januari 2012

"Demokrasi di Taiwan adalah Hadiah untuk China"

Berita: Internasional
Demokrasi di Taiwan adalah Hadiah untuk China

Taiwan, Faceminang.com - Presiden Taiwan Ma Ying Jeou yang barus saja memenangkan pemilihan umum presiden mengatakan, demokrasi di Taiwan adalah hadiah bagi China.

Ma yang berhasil meraih periode kedua sebagai Presiden Taiwan mengatakan, jutaan warga China menonton proses pemilihan Presiden Taiwan dan juga debatnya di televisi pada Desember 2011. Menurut poling, para aktivis pro-demokrasi di China akan sangat menyambut terpilihnya Ma.

"Pemilihan umum yang damai merupakan tanda akan terciptanya demokrasi. Kami akan membuat China juga merasakan adanya demokrasi. Saya rasa, hal ini adalah hadiah terbaik untuk China," ujar Ma, seperti dikutip AFP, Rabu (25/1/2012).

Ma berasal dari Partai Nasionalis Kuomintang, dirinya juga menjalin hubungan yang baik dengan China saat menjabat sebagai Presiden Taiwan. Hal ini bertolak belakang dengan pesaingnya Tsai Ing-wen yang berasal dari Partai Progresif Demokratik Taiwan.

Taiwan dah China terpisah lewat sebuah perang saudara pada 1949 silam, meski demikian Beijing masih mengklaim Taiwan adalah bagian dari negaranya. China bahkan bersumpah akan kembali memasukkan Taiwan sebagai bagian dari negaranya meski lewat peperangan.

Pemilihan umum di Taiwan juga diawasi oleh China dan Amerika Serikat (AS), namun AS sebelumnya sudah memutuskan untuk bersikap netral dalam menyikapi pemilihan umum tersebut.


sumber : AFP