Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Jumat, 27 Januari 2012

Cuaca di Sumbar Cerah Hingga Minggu

Berita: Sumatera Barat
Cuaca di Sumbar Cerah Hingga Minggu

Padang, Faceminang.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Teluk Bayur Padang memprediksi cuaca di provinsi itu cerah dan berawan hingga Minggu (29/1).

"Cuaca wilayah daratan Sumatera Barat umumnya cerah pada pagi hingga siang hari dan berawan pada sore hingga malam hari," kata analis BMKG Teluk Bayur Amarizal di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan, angin bertiup dari arah Barat ke Timur dengan kecepatan 5-20 kilometer per jam. Sementara suhu udara rata-rata 20-31 derajat celcius dan kelembaban udara antara 63-97 persen.

Meski cuaca sebagian besar daerah di Sumbar cerah, namun sejumlah daerah kawasan pegunungan seperti Kota Padangpanjang, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Agam berpeluang hujan ringan.

"Peluang hujan terjadi pada sore hingga malam hari," kata Amarizal.

Hal itu, menurut dia, disebabkan karena daerah itu terletak pada lintang nol dan udara yang lembab. Akibatnya, proses penguapan sangat mudah terjadi yang membuka peluang terbentuknya awan konvektif bakal hujan.

Ia menambahkan, cuaca ekstrem juga masih berpeluang terjadi di wilayah Sumatera Barat selama Januari 2012.

Cuaca ekstrem itu berupa perubahan cuaca cerah menjadi hujan lebat atau sebaliknya yang terjadi dalam waktu yang cukup singkat.

Selama cuaca ekstrem tersebut, gelombang laut di Pantai Barat Sumatera masih normal dengan ketinggian sekitar 2-2,5 meter, sedangkan kecepatan angin 10-25 kilometer per jam. Sementara di perairan Mentawai ketinggian gelombang 3,5-4 meter.

Selama cuaca ekstrem masyarakat juga diimbau agar waspada karena hujan lebat dapat menyebabkan banjir bahkan longsor pada bagian lereng perbukitan dan terjadinya terban pada badan jalan di sejumlah ruas jalan lintas Sumatera kawasan tengah dan barat.


sumber : antaranews