Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Selasa, 27 Desember 2011

Mengapa Ani Yudhoyono Tidak Dicalonkan Pada Pilpres 2014?

Berita: Nasional
Mengapa Ani Yudhoyono Tidak Dicalonkan Pada Pilpres 2014?

Jakarta, Faceminang.com - Secara khusus Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa tidak akan mencalonkan istrinya, Ani Yudhoyono dalam Pemilu 2014. Lantas apa alasan SBY tidak mencalonkan Ani Yudhoyono?

"Saya melihat keinginan SBY untuk menciptakan regenerasi politik dan pentingnya membangun kepemimpinan yang demokratis," kata analis Charta Politika Indonesia Arya Fernandes kepada detikcom, Senin (26/12/2011).

Menurut Arya, meskipun tersedia kesempatan bagi Ani Yudhoyono untuk bertarung di 2014 mendatang, tapi tidak mudah menciptakan momentum politik bagi Ani.

"Saya kira SBY sadar, secara figur, Ani Yudhoyono belum cukup kuat bila dihadapkan dengan sejumlah nama yang sudah beredar dalam bursa capres. Meskipun tersedia kesempatan, tidak mudah untuk menciptakan momentum politik, apalagi di tengah menurunnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah," kata Arya.

Arya menambahkan, pertimbangan lainnya adalah tidak adanya korelasi positif antara tingkat kesukaan publik terhadap SBY dengan tingkat kesukaan publik terhadap Ani.

"Belum tentu pemilih yang suka (tertarik) dengan SBY pada 2009 lalu, pada saat yang sama juga suka dan akan memberikan pilihan politiknya pada Ani.

Namun Arya mengingatkan tak ada yang mustahil dalam dunia politik. "Bila momentum dan kesempatan ada dan figur Ani semakin menguat, bisa saja SBY dan elit-elit Demokrat akan berubah pikiran," tutup Arya.

Sebelumnya diberitakan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menegaskan bahwa istrinya Ani Yudhoyono tidak akan maju sebagai Capres 2014. SBY pun memberi jaminan, Partai Demokrat (PD) juga tidak akan mengusung Ani.

"100 Persen tidak ada niat dan rencana untuk itu," kata SBY dalam pidato 'Sarasehan Partai Demokrat' di PRJ Kemayoran, Jakpus, Kamis (15/12).


sumber : (mpr/mei) detik