Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Jumat, 09 Desember 2011

Iran Desak Seluruh Negara Agar Mengecam AS

Berita: Internasional
Foto : Dubes Iran untuk PBB Mohammad Khazaee (zimbio)
Dubes Iran untuk PBB Mohammad Khazaee

Teheran, Faceminang.com - Iran mendesak komunitas internasional untuk mengecam tindakan Amerika Serikat (AS) yang mengirimkan pesawat mata-mata ke wilayah Iran. Iran juga menuntut adanya langkah efektif guna mengakhiri aksi yang berbahaya itu.

Negeri Persia itu mendeskripsikan tindakan AS sebagai salah satu hal yang melanggar kedaulatan Iran. Iran bahkan mengingatkan, negaranya akan melakukan apa saja demi melindungi keamanan nasionalnya.

Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Mohammad Khazaee melayangkan surat ke Sekretaris Jendral PBB Ban Ki Moon, dirinya untuk mendesak adanya kecaman internasional terhadap AS.

"Tindakan AS sama halnya dengan melanggar batas wilayah udara Republik Islam Iran dan juga melanggar hukum internasional yang berdasarkan piagam PBB. Pemerintah Iran mengutarakan protesnya terhadap pelanggaran batas wilayah. Republik Islam Iran memiliki keabsahan untuk bertindak demi melindungi keamanan nasional," demikian surat yang dilayangkan Duta Khazaee, seperti dikutip Kuna, Jumat (9/12/2011).

Surat tersebut juga dilayangkan ke Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitally Churkin dan perwakilan Qatar, Nassir al Nasser.

Khazaee juga mengingatkan akan adanya eskalasi ketegangan hubungan antara Iran dan AS, diikuti pula oleh masuknya pesawat mata-mata AS RQ-170 ke wilayah Iran.

Televisi Iran sebelumnya juga sudah menunjukkan ke publik pesawat mata-mata AS yang mereka tembak lewat siaran televisi lokal Iran. Iran juga menuntut kompensasi ke AS terkait masuknya pesawat mata-mata tersebut.

Negeri Persia ini bahkan dikabarkan meminta pihak Rusia dan China agar datang dan memeriksa pesawat mata-mata AS tersebut. okezone