Faceminang.com
pencarian di faceminang.com
Portal berita online terkini dari Padang, Sumatera Barat. -
Tour de Singkarak 2013

Top Stories

Senin, 02 Mei 2011

Osama Tewas Ditangan Pasukan Elit Amerika

Berita: Internasional
Osama Tewas Ditangan Pasukan Elit AmerikaWashington - Faceminang, Osama Tewas Ditangan Pasukan Elit Amerika. Osama bin Laden tewas dalam serangan yang dilancarkan pasukan elit Angkatan Laut AS, SEAL pada Minggu, 1 Mei pagi waktu setempat. Serangan itu dilancarkan ke sebuah bangunan besar di Abbotabad, sekitar 35 mil dari Islamabad.

Gedung itu dibangun pada tahun 2005 dan tampaknya telah menjadi kediaman keluarga Osama selama beberapa waktu. Demikian disampaikan pejabat-pejabat intelijen AS seperti dilansir harian Telegraph, Senin (2/5/2011).


Bangunan itu berada di daerah Abbotabad, tempat banyak pensiunan pejabat militer Pakistan tinggal. Bangunan tersebut terlihat berbeda dari rumah-rumah warga lainnya. Bangunan itu delapan kali lebih besar dari rumah warga sekitar.
Bangunan itu dilengkapi dengan dua gerbang keamanan dan dikelilingi oleh tembok-tembok tinggi setinggi 12-18 kaki atau sekitar 3,6 meter hingga 5,4 meter. Bagian atas tembok-tembok tersebut dipasangi kawat berduri.

Menurut pejabat-pejabat AS, butuh waktu bertahun-tahun untuk menemukan bangunan tersebut. Awalnya, badan intelijen AS, CIA melacak seorang pria yang diyakini sebagai kurir kepercayaan Osama.

Kemudian empat tahun lalu, identitas pastinya ditemukan dan pada Agustus lalu, tempat yang sering dikunjunginya di Pakistan diketahui otoritas AS. CIA kemudian menyadari bahwa teroris tingkat tinggi bersembunyi di sana. Selama berbulan-bulan kemudian, para analis menyimpulkan bahwa itu kemungkinan Osama.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, tujuan misi penyerangan itu adalah membunuh atau menangkap Osama. Pemimpin teroris asal Arab Saudi itu tewas dalam baku tembak yang terjadi saat penyerangan pasukan Navy SEAL.

"Bin Laden melawan dan dia tewas dalam kontak senjata," ujar pejabat tersebut.

Dalam serangan itu, seorang putra Osama juga tewas beserta tiga orang lainnya. Termasuk seorang wanita yang tewas saat digunakan sebagai tameng oleh kubu Osama dalam pertempuran itu.

Yang menarik, meski terjadi di wilayah Pakistan, namun pemerintah Pakistan tidak diberitahu mengenai rencana operasi AS itu. Pemerintah Pakistan baru diberitahu setelah operasi selesai. Pemerintah AS juga tidak memberitahukan rencana operasi penyerangan ini pada negara-negara sekutunya. detik.com